Senin, 12 Mei 2008

Membuat Pengubah Suara

Membuat Pengubah Suara

Pada tahun 1970 an dapat kita lihat sebuah acara TV dimana seorang lelaki tua bertarung melawan sekumpulan penjahat berbentuk robot. Dia adalah Tom Baker berperan sebagai DR. who yang menyelamtkan dunia dari dalek. Dr who adalah film sci-fi yang di produksi oleh BBC.Dalek seperti gambar adalah setengah alien berbentuk robot yang berkeliling dan menyatakan kau akan di eksekusi.

Seiring dengan filmnya maka bonekanya juga keluar di pasaran. Dalek banyak terdapat di toko- toko permainan. Tentu saja saya mendapatkannya juga, dalek menpunyai sebuah suara yang aneh, sehingga saya berpikir akan menyenangkan untuk membuat sebuah rangkaian pengubah suara untuk pribadi. ( seperti gambar di bawah adalah sebuah rangkaian pengubah suara )
Setelah sedikit mencari di internet dengan mencari dalek di Wikipedia maka saya mengetahui bahwa suara dalek di buat dengan mencampur suara actor dengan frekuensi yang tetap sebuah gelombang sinus ke dalam sebuah ring modulator juga di sebut modulator yang seimbang. Saya menemukan bahwa di gunakan nilai frekuensi yang berbeda dari sumber yang berbeda. Rentang frekuensi yang di gunakan adalah 30 sampai 100 Hz. Dengan mempergunkan osiloskop dapat di ketahui
bahwa bahwa dalek mempunyai bentuk gelombang double sideband suppressed carrier (DSB-SC ) yang di hasilkan balance modulator seperti pada gambar. Dari gambar dapat diketahui bahwa pembungkusnya adalah gelombang sinus frekuensi rendah sedangkan gelombang dalam adalah gelombag suara.




DSB-SC

Balanced modulator digunakan dalam mode RF di mana bekerja menghasilkan dan mendeteksi sinyal ( ketika di gunakan sebagai detector disebut mixer ) . DSB-SC pada dasarnya adalah sinyal AM tapi tanpa pembawa ( carrier ). Hasil keluarannya adalah pemjumlahan dan perbedaan dari frekuensi tetap, hal ini diperoleh dengan menggandakan sinyal audio dengan frekuensi tetap pembawa( carrier).

Sebuah balanced modulator dapat di buat dengan berbagai cara, dapat menggunakan sebuah lama LM 1946 yang mana di desain untuk tujuan ini atau dapat menggunkan IC Multiplier AD633. LM1946 memerlukan catu daya +!2 dan -8v serta resistor , kapasitor dan trimpot dengan pengaturan yang akurat. AD633 lebih mahal, tetapi ada cara lain untuk membuat balanced modulator.

Gambar di samping adalah ring modulator klasik yang menggunakan 4 buah diode. Di lihat sekilas seperti rangkaian sebuah penyearah , tapi setelah lebih teliti diode bukan sebagai penyearah.tapi lebih tepat sebagai sebuah saklar. Perlu di ingat bahwa resistansi dinamik dari diode rd memdekati rd = 26 mv / Id .Dengan tidak ada arus mengalir Id = 0 maka rd sangat besar sehingga saklar diode akan terbuka. Jika Id bernilai katakana saja 10 mA maka rd akan bernilai 2,6 ohm dan diode sebagai saklar akan tertutup.carrier dari masukan akan menyed
iakan arus bagi diode.

Berdasarkan gambar di atas jika titik X positif yang mana berhubungan dengan titik Y, diode D1 dan D2 menghantar dan menghubungkan A ke A’ dan B ke B’ maka akan mengizinkan aliran dari masukan ke keluaran. Jika titil Y yang positif yang mana berhubungan dengan X , serta diode D3 dan D4 menghantar maka akan menghubungkan A ke B’ dan B ke A’ maka masukkan akan mengalir ke keluaran dengan perbedaa phasa 1800. Akan mengakibatkan masukan di kalikan dengan -1 dan dan di balikkan. Sinyal audio di gandakan oleh input carrier. Sebagai catatan bahwa arus carrier adalah gelombang persegi ( bertukar antara 1 dan -1 ) hasil dari diode yang terbuka dan tertutup dengan cepat dan baik.

Asumsikan seluruh diode adalah sama persis dan asumsikan bahwa CT tronformer tepat di tengah dan kedua arus mengalir sama besar dari CT transformer dan ini berarti bahwa tidak ada jaringan flux di transformer dari carrier. Maka tidak mempengaruhi dari keluaran,dan carrier ( pembawa) di di tekan. ( dalam kenyataan beberapa carrier akan terbuang percuma tapi dengan desain yang baik bisa di peroleh pemampatan 60dB ).

akan di lanjutkan.

sumber dari nut & volts may 2008



2 komentar:

insan sains mengatakan...

^_^ Wah.. penggemar robotik juga yach...
salam kenal

this my project blog : http://insansainsprojects.wordpress.com

ada juga forum yang baru dibuat
http://www.solderen.co.nr
mudah-mudahan anda bisa bergabung!!

auriz mengatakan...

Salam kenal juga .udah bergabung di solderan.co.nr

aku masih tahap pemula belum tahu apa2.dalam tahap belajar.

berita riset robotik

Group SMKN 2 DUMAI